UDINUS

UDINUS
Universitas Dian Nuswantoro

Kamis, 03 Januari 2013

Desain pada User Interface



Sebuah Desain Interface/antarmuka pada suatu Game mempengaruhi kenyamanan dan sejauh mana user/pengguna meminati Game tersebut. Untuk itu kali ini saya akan membahas beberapa hal yang berhubungan dengan Desain Interface pada game.  


Sebelum memasuki pembahasan berikutnya kita perlu mengetahui apa itu HUD. HUD adalah singkatan dari Heads-Up Display dan biasanya menunjukkan bar/kotak HP(Health Point) ataupun MP(Mana Point) dan biasanya muncul  di atas kepala karakter. Fungsi HUD ini untuk memudahkan pemain mengetahui kondisi karakter dalam permainan.

Gb1.HUD



Setelah mengetahui 
Desain antarmuka game khususnya di video game terdapat beberapa elemen user Interface yaitu:

A. Non-diegetic: Desain  Antarmuka yang diberikan sebagai tambahan di luar dunia game itu sendiri, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata. Sehingga seakan-akan karakter dalam dunia game tidak melihatnya Contoh: Elemen HUD, kursor mouse, mini map, skills, dll.


                                             Gb2.Non-diegetic pada game TOR

B. Diagetic: Desain antarmuka yang termasuk dalam permainan game  yaitu yang dapat dilihat dan didengar oleh karakter dalam permainan. Yang dimaksudkan pada antarmuka diagetic ini segala sesuatu yang terlihat terkecuali elemen-elemen non-diegetic seperti HUD, Kursor mouse, Informasi dari Komputer,dll  Contoh: Interface  dalam game Dead Space.(Full diagetic)

  

Gb3.Game Dead Space tanpa adanya unsur non-diegetic

C.Spatial: Elemen User Interface yang disajikan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya (diegetik atau non-diegetik). Outline karakter dalam Left 4 Dead adalah contoh dari non-diegetik User Interface spatial.

                                                     Gb4.Outline kuning pada pemain(Spatial)

D. Meta: Gambaran yang bisa muncul dalam dunia game, namun tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain.Contoh yang paling jelas adalah efek ditampilkan di layar, seperti percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan. Contoh: Duty Calls- The Calm Before the Storm

                                            Gb5.Bercak darah ketika terkena serangan


 Setelah melalui pengamatan2 diatas, maka kita bisa membuat tabel sebagai berikut:


                                                                      Gb6.Tabel kesimpulan

Beralih dari elemen-elemen di atas, penggunaan icon pada game juga mempengaruhi kenyamanan pemain dalam memilih perintah-perintah pada game.
Desain icons dalam user Interface dibedakan menjadi dua jenis yaitu picons dan micons.


PICONS
PICONS adalah singkatan dari Personal ICONS  yaitu "ikon pribadi". Berbentuk kecil, gambar terbatas dan digunakan untuk mewakili pengguna dan domain di internet, disusun dalam database sehingga gambar yang sesuai untuk alamat e-mail yang diberikan dapat ditemukan. Selain pengguna dan domain, ada picons database untuk newsgroup Usenet dan prakiraan cuaca. Para picons berada dalam format XBM monokrom atau XPM warna dan format GIF.

Database ini telah disusun dengan harapan membantu membuat dunia maya menjadi tempat yang lebih kepribadian. Dengan
Picons, perangkat lunak dan layanan dapat dikembangkan untuk mengidentifikasi orang-orang di internet dengan wajah (atau, setidaknya, dengan logo lembaga) bukan oleh alamat e-mail yang samar. Database picons sendiri, tentu saja hanya langkah pertama menuju tujuan ini.

Database picons telah dibangun dari pengiriman ratusan kontributor di net, dan, dengan demikian, akurasi dan ketepatan belum diverifikasi secara luas. Kontribusi dan koreksi dipersilahkan dan didorong
untuk dilakukan.

Database picons yang saat ini tersedia adalah:

    
-Domain, logo untuk domain Internet
    
-Misc, picons untuk akun umum
    
-News, ikon untuk Usenet newsgroup
    
-Unknown standar picons, karena sangat tinggi tingkat domain Internet
    
-USENIX, wajah gambar peserta konferensi Usenix
    
-Users, picons piutang individu (sering gambar wajah)
    
-Weather, ikon untuk menampilkan ramalan cuaca
Database picons sebelumnya telah disebut sebagai koleksi "wajah" atau database, karena mereka awalnya disusun untuk digunakan dengan perangkat lunak "wajah". Karena mereka sekarang digunakan untuk lebih dari ini dan mencakup lebih dari gambar wajah yang sebenarnya, mereka disebut sebagai database picons untuk membuat perbedaan dan untuk menghindari overloading "wajah" panjang/distorsi.
                                                              Gb7.Picons
MICONS

Micons, adalah Moving ICONS atau picons yang bergerak (dalam hal ini berupa file GIF animasi). Micons ini adalah animasi dari Picons di atas, tetapi bisa juga berupa video khusus yang dijadikan micons. Anda dapat menggunakan grafis animasi serta foto animasi dan ini merupakan jenis yang lebih sering terlihat. 
Dalam aplikasi Anda mungkin ingin membedakan antara jenis bahan menggunakan ikon, picons dan micons. Sebuah ikon bergerak dapat menyebabkan film dan ikon lebih simbolis dapat memberikan informasi latar belakang. Menggunakan gaya yang berbeda dan jenis tombol dengan cara ini memungkinkan pengunjung Anda untuk mengetahui apa jenis bahan yang tersedia di belakang tombol.
                                                             Gb8.Micons(bergerak)
Keunggulan picons
-Hemat kapasitas
-Lebih praktis
-Tidak membuat beban pada kinerja komputer

Keunggulan micons
-icons menjadi terlihat menyenangkan
-seperti melihat video dengan kapasitas kecil


Setelah mengetahui Desain Interface pada game, kita juga harus mengetahui platform game yang akan dijalankan.

Platform Game (Console)

Platform game merupakan media/console dimana game yang akan dikembangkan untuk dijalankan. Jenis platform game secara umum :

1. DOS
Platform DOS ini berbasis text mode(hitam putih dan menggunakan ketikan) , dan masa keemasan platform ini sudah selesai. Namun kini sudah tidak dikembangkan lagi karena perpindahan sistem operasi yang beralih ke windows atau konsol yang lain. Akan tetapi masih banyak resource di internet yang masih menyediakan pembahasan dan programming dengan DOS.


2. Windows
Saat ini game yang berjalan di platform ini sangat mendominasi pasar. Memamfaatkan kemampuan windows untuk tampilan yang menarik dengan kemampuan DirectX yang disediakan Microsoft, menjadikan para pengembang game umumnya di platform ini. Tools dan software untuk membuat game sangat banyak tersedia di platform windows.
                                                 

3. Linux Pengembang game di platform ini masih sedikit game yang dibuat. Tetapi kemudahan lain adalah tersedianya berbagai aplikasi yang gratis, sehingga walaupun komunitasnya sedikit, namun bisa membuat berbagai game yang tidak kalah platform windows.


4. Macintos
Mac atau macintos merupakan sistem operasi yang dikeluarkan Apple yang stabil dan fitur yang sangat baik. Dari awal macintos tidak terlalu banyak bersinggungan dengan dunia game, walaupun salah satu kelebihan platform ini adalah fitur grafik dan suara yang sangat baik dibandingkan windows.



5. Console
Persaingan platform windows adalah mesin konsol, seperti Playstation dan Xbox pada masa kini. Pemrograman di mesin konsol hampir sama dengan platform windows, namun terdapat tingkat kesulitan dalam mengembangkan game di platform ini. Secara individu, peralatan dan lisensi yang ada pada studio pengembang harganya sangat mahal karena demi menjaga mutu dan hak ciptanya.

6. Mobile
Mulai banyak mobile game yang akan dibuat dan dirancang khusus di platform ini. Bahkan sudah menjadi pesaing untuk beberapa jenis game seperti game online. Walaupun tidak sehebat game komputer atau konsol, tetapi dengan kemudahan dan jumlah peralatan yang banyak digunakan untuk alat komunikasi akan membuat platform ini menjadi pilihan sebagian pengembang. Umumnya menggunakan bahasa pemrograman java.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat dan HAPPY MAKING A GAME!






1 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Saya sedang belajar di Universitas Dian Nuswantoro Semarang Jurusan yang saya tempuh adalah DKV(Desain Komunikasi Visual) Blog yang saya buat dulu(http://teguh-cipta.blogspot.com/), akan dipindahkan ke blog ini